WOMEN INSIGHT

BUPATI TABANAN DUKUNG PEREMPUAN MELEK TEKNOLOGI

Jakarta, ARSNEWSY-
Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti memberikan inspirasi kepada para perempuan untuk siap menghadapi era digital. Oleh karenanya, sebagai perempuan Indonesia kita tidak boleh gagap teknologi, tapi kita harus bisa memanfaatkan teknologi dan cerdas menggunakannya untuk melakukan hal yang positif tentu untuk memajukan bangsa dan negara.
Demikian diungkapkan Bupati Eka, pada perhelatan Kartini 4.0 Indosat Ooredoo di Gedung Indosat Ooredoo, Jakarta Pusat pada Senin (22/04), bertemakan “Peran perempuan dalam teknologi serta semangat entrepreneurship perempuan Indosat Ooredoo di Industri 4.0”.
Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti (tengah) saat menjadi narasumber pada acara Kartini 4.0 Indosat Ooredo di Gedung Indosaat Ooredo pada Senin (22/04).
Memasuki industri 4.0, lanjut Bupati, Tabanan akan melakukan gebrakan baru pada sistem pemerintahan. Karena untuk pertama kalinya akan melakukan sistem kebijakan pemerintahan terlebih dahulu, dengan membuat sistem e-goverment seperti e-planning, e-budgeting, command center yang nantinya diharapkan bersinergi dengan smart city yang tengah digarap pembangunannya.
“Selanjutnya, untuk UMKM di Tabanan yang 75% digerakan oleh kaum perempuan harus bisa melihat bagaimana untuk mengakses pasar tidak hanya pasar lokal melainkan bisa mempromosikannya dengan teknologi, mengemasnya dengan baik namun tidak meninggalkan kualitas dari produk itu sendiri, kemudian produk juga harus unik, jika ingin dikenal maka harus ciptakan sesuatu yang berbeda ditambah ojek online sudah masuk Tabanan sehingga perempuan harus bisa menjemput bola atau melihat peluang tersebut”, tambahnya lagi.
Pemkab Tabanan juga juga telah melakukan pelatihan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Tabanan agar bisa berbisnis di era digital, sedikitnya kami telah mengadakan pembinaan untuk 75 UMKM di Tabanan dan mengajar mereka untuk melakukan bisnis melalui teknologi digital. Selain itu, kerjasama pemerintah juga sangat diperlukan untuk menghadapi era digital terutama agar bijaksana dalam menggunakan teknologi, sehingga teknologi menjadi lebih terfilter dan aman, papar Bupati Eka.
Sudah banyak UMKM yang menggunakan teknologi digital, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun di era modernisasi saat ini perempuan tetap mengedepankan kodratnya yakni dengan kelebihan multitaskingnya, harus serba bisa. Tapi tetap harus mengetahui mana yang lebih prioritas dan lebih penting, itu yang harus diutamakan. Selain kita juga  harus menjadi perempuan yang maju bermanfaat untuk lingkungan dan keluarga,  harap Bupati Eka.
(YAP; foto ist
BACA JUGA :  BINTANG PUSPAYOGA TEKANKAN PENTINGNYA SINERGI UNTUK CAPAI KESETARAAN GENDER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *