Knowledge

FOKUS PENGAWASAN KEMITRAAN KPPU PERKEBUNAN DAN COMPETITION COMPLIENCE 

Jakarta, ARSNEWSY –

“Tahun ini fokus pengawasan kemitraan KPPU adalah di bidang perkebunan dan competition compliance. Program ini menstimulir pelaku usaha dalam konteks patuh terhadap hukum persaingan usaha. Dimana perusahaan-perusahaan besar diharapkan dapat mengetahui mana yang boleh dan mana yang dilarang dalam Undang-undang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Program ini juga sebagai early warning system perusahaan agar pelaku usaha tidak melakukan pelanggaran dan comply terhadap UU itu,” lanjut Kurnia menjelaskan.

Demikian diungkapkan Ketua KPPU Kurnia Toha dalam Legal Preventive Forum: Memahami Hukum Persaingan Usaha yang diadakan bersama PT Pertamina Lubricant, Senin (22/4). Perhelatan ini juga dihadiri oleh Advokat Rikrik Rizkayana dan Chief Legal Counsel and Compliance PT Pertamina (Persero) Aji Prayudi.

Seperti diketahui, tujuan utama forum ini adalah bentuk pencegahan dan proteksi produk dalam negeri agar tetap bersaing dengan produk impor yang selama ini sering terjadi. Dan KPPU merupakan lembaga yang mendukung instansi terkait dalam melindungi pelaku usaha dalam negeri agar tetap memiliki daya saing yang tinggi, membantu para pelaku usaha dalam negeri untuk mampu meningkatkan kualitas produk baik barang dan jasa.

Oleh karenanya, menjawab tantangan zaman KPPU memfokuskan diri pada bidang pencegahan. Salah satunya dalam pengawasan kemitraan dan program kepatuhan terhadap UU No.5 Tahun 1999 (Competition Compliance, red) .

Jadi jangan sampai produk dalam negeri ini kalah dari produk impor, sehingga produk luar negeri memenangkan persaingan di negara sendiri, lanjut Kurnia Toha. Diharapkan PT Pertamina Lubricant sebagai salah satu anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang pelumas, dapat menjadi perusahaan dalam negeri yang dapat selalu berdaya saing, dan tidak melanggar Undang-undang No.5 Tahun 1999.

(YAP; foto dok KPPU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *