Art & Culture

TARI TIMPLONG

JakartaARSNewsy,-

Tari Timplong diilhami pertunjukan Wayang Timplong. Sebuah kesenian wayang asli dari Kabupaten Nganjuk. Ditilik dari sejarahnya, kesenian tersebut pertama kali dipertunjukan di Dusun Kedung Bajul, Desa Jetis, Kecamatan Pace, Nganjuk, Jawa Timur pada 1910.

Wayang tersebut terbuat dari kayu waru, mentaos maupun pinus. Instrumen gamelannya kala itu masih sangat sederhana yakni hanya terdiri dari gambang yang terbuat dari kayu atau bambu, ketuk kenong, kempul dan kendang. Jumlahnya pun tidak seperti pertunjukan wayang kulit. Selain itu juga biasanya hanya dipertunjukan di siang hari saja.

Wayang Timplong merupakan visualisasi dari interaksi sosial di tengah masyarakat Nganjuk yang penuh warna. Hal itu tervisualisasikan melalui gerak-gerak nan unik, indah dan lembut. Keunikan dan keindahan wayang Timplong mulai awal hingga akhir cerita diangkat dalam disain estetika tari di atas pentas.

Persembahan Tim Kesenian Daerah Nganjuk di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (21/7) bertajuk “Pagelaran Tari Daerah, Campursari, Langen Tayub dan Seni Pertunjukan Babad Bumi Anjuk Ladang.

(Foto: BONIS/WILS PRODUCTIONS

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *