Knowledge

KLISE FOTO WARKOP DKI KARYA AMAZON DALIMUNTHE YANG DIDUGA DITAYANGKAN SEPIHAK DI FILM WARKOP DKI REBORN 3 DITEMUKAN 

JakartaARSNewsy,-

Akhirnya Klise atau negatif film dari foto Warkop DKI Karya Amazon Dalimunthe yang diduga ditayangkan secara sepihak di Film Warkop DKI Reborn 3 ditemukan (28/8). Hal tersebut semakin menjelaskan bahwa karya foto sebagai intelectual property rights seseorang dalam profesinya sebagai seorang wartawan dimilikinya serta benar adanya.

Sebelumnya, 24 september 2019 dikabarkan sempat berkomunikasi melalui whatsup agar dugaan penayangan sepihak karya fotonya diapresiasi baik, namun justeru ditanggapi dengan rasa tidak merasa bersalah atas penggunaan foto karya saya tersebut, ungkap Amazon Dalimunthe dalam sebuah kesempatan, sehingga akhirnya disepakati untuk menempuh jalur hukum untuk memperoleh kepastian hukum dan juga memenuhi rasa keadilan dirinya.

Jalan damai yang justeru datang dari inisiatif dirinya itu, ternyata tidak ditanggapi dengan baik. Bahkan konon kabarnya Foto Warkop DKI berjas Merah ini dan ambil atas saat menghadiri ‘Malam Mengenang Lagu Lagu Almarhum Nahum Situmorang’ disekitar tahun 90an di Kawasan Senayan, Jakarta, hanya ditawari harga Rp 5 juta.

“Itu adalah Foto Karya Cipta saya. Foto Tersebut saya ambil atas inisiatif saya sendiri pada saat menghadiri ‘Malam Mengenang Lagu Lagu Almarhum Nahum Situmorang’ disekitar tahun 90an di Kawasan Senayan, Jakarta. Dan foto tersebut Hak Ciptanya belum pernah saya pindahkan kepada pihak mana pun. Saya bersedia dituntut dimuka Hukum, jika saya memberikan keterangan palsu atas foto tersebut,” demikian tegas Drs. A. Y. Amazon Dalimunthe, yang merasa karya fotonya sebagai intelectual property right ditayangkan Film Warkop DKI Reborn 3, disepelekan.

Sebagai wartawan senior di dunia hiburan Indonesia selama berpuluh puluh tahun serta terdaftar sebagai Anggota PWI : 09.00.4416.938, seperti diketahui pada Kamis, 12 September 2019 lalu, pukul 18.45 WIB, saat menonton film Warkop DKI Reborn 3, di teater 2 Blok M Square XXI, Jakarta Selatan, pada  pembukaan film melihat foto Warkop DKI (Dono, Kasino,Indro) di masa lalu, salah satu Foto warkop DKI yang ditayangkan ternyata adalah karya miliknya. Dan foto Warkop DKI memakai Jas warna Merah di tayangkan, sedikitnya 2 kali dalam tayangan tersebut.

Karena merasa tidak pernah memberi ijin atau diminta ijin atas penggunaan foto tersebut atas inisiatifnya 18 September pukul 09.11 WIB, menghubungi Frederica selaku Produser Falcon Pictures, melalui Whattapps memberitahukan hal tersebut dan meminta penjelasannya.

Kemudian 19 September pukul 09.29 WIB kembali dirinya mengambil inisiatif  mengirimkan WA untuk menanyakan tanggapannya karena sudah 1 x 24 jam. Maka baru Pukul 10.39 WIB, Frederica membalas dengan mengatakan “Team akan bantu follow up perihal ini ya.”

Masih pada 19 September 2019, sekitar pukul 16.00 WIB sore, dirinya dihubungi produser Max Pictures dan mengaku siap memediasi masalah ini. Dan melalui saluran telepon, dijelaskan permasalahannya, dan ia berjanji akan membantu menyelesaikannya. Lalu 23 September 2019, pukul 17.00 WIB  dirinya menemui di Kantor Max Pictures dan menceritakan masalahnya. Lantas menjanjikan akan menyampaikan masalah ini kepada Falcon Pictures termasuk tuntutan yang diminta, ungkap Amazon.

Dan tanggal 24 september 2019 melalui komunikasi lewat WA dengan Produser Max Picture, intinya tuntutan tidak bisa dipenuhi. Disertai pernyataan bahwa Falcon Pictures tidak merasa bersalah atas penggunaan foto karya saya tersebut. Dan bersepakat untuk menempuh jalur hukum untuk memperoleh kepastian hukum dan juga memenuhi rasa keadilan.

Dan alhamdulillah, negatif foto sebagai dasar intelectual property rights sudah ditemukan dan sepenuhnya sudah diserahkan kepada kuasa hukum yang sudah saya kuasakan mengurusnya sampai tuntas, tutup Amazon Dalimunthe.

(Md.BT; foto dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *