In Health

EKA HOSPITAL CIBUBUR TERAPKAN SAP HEALTHCARE

CibuburARSNewsy,-

Eka Hospital Cibubur telah diresmikan, berdiri di atas bangunan dengan luas sekitar 1.6 ha. Eka Hospital Kota Wisata-Cibubur terdiri dari 9 lantai, memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 250 unit dengan fasilitas dan layanan kesehatan yang mencakup layanan IGD, laboratorium, radiologi (MRI 1,5 Tesla, CT Scan 128 slice, USG 4D, Mammography) dan farmasi 24 jam/7 hari, cath lab (kateterisasi jantung), 41 poliklinik spesialis rawat jalan, ICU, HCU, NICU, Perina, endoskopi, hemodialisa, rehabilitasi medik, dan berbagai kelengkapan ruang intensif dan fasilitas penunjang lainnya.

Dikatakan oleh Dr. Feirlita Kuswandi, MPH, Direktur Eka Hospital Kota Wisata-Cibubur, digitalisasi pelayanan rumah sakit yang diimplementasikan Eka Hospital Kota Wisata-Cibubur menggunakan sistem electronic medical record terbaru, SAP Healthcare. Sistem ini akan memberikan pelayanan yang terintegrasi mulai dari front-end hingga back-end dengan sistem central database. Dengan system ini dapat memberikan manfaat pelayanan kesehatan yang lebih besar dari sisi keamanan, kecepatan, ketepatan, maupun efisiensi biaya pengobatan. Adapun keseluruhan nilai investasi Eka Hospital Kota Wisata- Cibubur mencapai sekitar US$ 40 juta.

Apabila di 2008 Eka Hospital adalah pionir penggunaan electronic medical record terintegrasi di Indonesia, maka saat ini kembali menjadi pionir pemanfaatan Clinical Decision Support System,. Sistem ini yang secara otomatis memberikan opini dan rekomendasi kepada para dokter dan paramedis berdasarkan jurnal kesehatan terkini, dan juga dilengkapi dengan warning system yang menjaga keamanan dalam pemberian obat.

Tiga keunikan layanan yang diusung oleh Eka Hospital adalah kebijakan Satu Pasien Satu Kamar (One Patient One Room) pada semua kelas kamar perawatan guna mengurangi risiko infeksi nosocomial. Untuk kenyamanan pasien, dokter di Eka Hospital merupakan Tenaga Dokter Purna Waktu (Full Time Doctors) sehingga bisa meningkatkan respons atas kasus emergensi dan fokus pelayanan optimal kepada pasien. Eka Hospital juga menerapkan sistem Electronic Medical Record yang terintegrasi secara online, baik lintas-unit maupun lintas-jaringan antar rumah sakit Eka Hospital untuk meningkatkan kecepatan layanan dan menekan kesalahan data medis.

Hingga saat ini Eka Hospital telah dipercaya oleh masyarakat untuk melayani lebih dari 5.000.000 pasien, 60.000 tindakan operasi, dan 600.000 pasien medical checkup. Eka Hospital menargetkan pengoptimalan pelayanan rumah sakit berbasis teknologi digital menuju standar penilaian yang diterapkan oleh Healthcare Information & Management System Society (HIMSS) untuk mencapai level 7, yaitu level tertinggi penggunaan sistem informasi rumah sakit tingkat dunia.

(EK/ist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *