Knowledge

YAYASAN KORINDO BERSAMA PEMKAB BOGOR WUJUDKAN HUTAN KOTA DALAM PROGRAM KOLABORASI HIJAU

BogorARSNewsy-, Korindo Group melalui Yayasan Korindo dan Pemerintah Kabupaten Bogor menjalin Program Kolaborasi Hijau (Green Collaboration) dalam melaksanakan pembangunan hutan kota di lahan seluas dua hektar, berlokasi di bagian sisi timur Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Robert Seung Senior Vice Chairman Korindo Group“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemuda Kabupaten Bogor, khususnya Ibu Ade Yasin selaku Bupati Kabupaten Bogor beserta SKPD yang terlibat. Terimakasih banyak atas peluang yang di berikan kepada kami untuk mewujudkan impian membangun hutan kota pertama di Kabupaten Bogor sehingga dapat terselenggarannya kegiatan Kolaborasi Hijau pada hari ini”, ujar Robert Seung Senior Vice Chairman Korindo Group pada acara Kolaborasi Hijau Pemkab Bogor & Yayasan Korindo Bersama Membangun Hutan Kota, di Area Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, Sabtu (30/11).

Pada tahun 2008 silam, Presiden Republik Indonesia telah menetapkan setiap tanggal 28 November menjadi Hari Menanam Pohon Indonesia dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional. Bahkan pada tahun 2009 juga pernah dicanangkan One Man One Tree, satu orang menanam satu pohon. Maka pembangunan hutan kota ini menjadi momentum yang tepat untuk menggalakkan semangat penghijauan di Bulan Menanam Nasional. Ini sekaligus juga menjadi bentuk dukungan nyata Yayasan Korindo terhadap program pemerintah dalam upaya melestarikan lingkungan di Indonesia. Dengan semangat tersebut pula, Yayasan Korindo turut merasa menjadi bagian dalam Kolaborasi Hijau.

“Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae-in bertemu di Korea untuk menegaskan kembali hubungan khusus Korea Indonesia dan membahas kerjasama ekonomi antara kedua negara termasuk pengembangan desa dan bilateral. Seperti yang kita semua tahu sektor kehutanan adalah awal kerjasama Korea Indonesia. Korindo group di Indonesia sejak 50 tahun yang lalu, dan hari ini Korindo group melaksanakan Kolaborasi Hijau di kabupaten Bogor sebagai pondasi awal atas pengembangan kerjasama antara kedua negara. Jika kabupaten Bogor menjadi lebih indah dan lebih jernih, saya pikir hal itu akan menjadi hadiah terbaik, tidak hanya untuk Bogor tetapi juga untuk daerah sekitarnya seperti Jakarta. Proyek hutan kota adalah salah satu proyek terbaik diantara kegiatan CSR yg di inisiasi oleh Korindo group, dan proyek ini bertujuan untuk masyarakat Indonesia. Saya berharap acara hari ini yang pertama kali diadakan akan terus menyebar ke daerah lainnya di Indonesia”, papar Jeon Joyoung Deputy of South Korea Ambasador.

Program Kolaborasi Hijau Korindo dan Pemkab Bogor

Pembukaan pembangunan hutan kota dalam Program Kolaborasi Hijau Pemkab Bogor & Yayasan Korindo Bersama Membangun Hutan Kota, ditandai dengan penanaman bibit-bibit pohon yang langsung dilakukan oleh Bupati Bogor Ade Yasin, Senior Vice President Korindo Group Robert Seung, General Secretary Yi Sun Hyeong, Deputy of South Korea Ambassador in Indonesia Jeon Joyoung, dan pejabat-pejabat daerah Bogor antara lain Kepala Bapedalitbang Kab. Bogor, Kadispora Kab. Bogor, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Bogor, Asisten Administrasi, Sekretaris Daerah Kab. Bogor, dan Camat Cibinong.

Pada kesempatan yang sama Bupati Bogor Hj. Ade Yasin, SH, M.H dalam sambutannya mengatakan bahwa yang akan ditanam oleh pihak Korindo adalah sejenis tanaman spesies Eucalyptus Deglupta dengan jumlah sekitar 2000 batang bibit pohon dan setelah 5 tahun diperkirakan pohon ini tingginya akan mencapai kurang lebih 15 meter. Dipilihnya pohon spesies ini karena pertumbuhannya memang cepat dan ini tentunya sangat luar biasa.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Korindo group, Bupati Bogor Hj. Ade Yasin SH, M.H juga mengucapkan terima kasih kepada fasilitator Tim Jaringan Sosial dan Lingkungan, yang juga dibentuk oleh Bupati Bogor untuk memfasilitasi pemerintah daerah dengan pihak swasta, sehingga terwujudnya Kolaborasi Hijau Pemkab Bogor & Yayasan Korindo Bersama Membangun Hutan Kota, di Area Stadion Pakansari Cibinong, Bogor.

Bupati Bogor Ade Yasin menanam pohon dalam Kolaborasi Hijau

“Hari ini kita akan menanam hasil komunikasi kita dengan Korindo group, dimana memang lahan yang diperuntukan untuk hutan kota. Dan insyaallah ini akan tetap dirawat oleh pihak Korindo sampai 3 tahun kedepan. Jadi kita dikasih, ditanam, dipelihara, setelah 3 tahun lalu itu menjadi tugas kita untuk merawatnya. Jadi jangan sampai tidak dirawat, malu sekali kalau sudah dikasih, sudah ditanami, sudah dirawat 3 tahun, lalu setelah itu kita tidak mau memelihara. Ini butuh komitmen kita, baik pemerintah daerah maupun masyarakat untuk sama-sama menjaga pelestarian dan sama-sama menjaga keindahan lingkungan. Terutama lingkungan disekitar stadion Pekan Sari ini”, tegas Bupati Bogor Ade Yasin. (lela; foto tcs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *