Community

AYO LAWAN COVID-19 BERSAMA GERAKAN RP. 1000 UNTUK INDONESIA

“Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri”.  Prof. Moh. Yamin, SH

JakartaARSNewsy-, Dilihat dari beberapa peristiwa sejarah yang penting, memang dapat dilihat bahwa Semangat Anak Bangsa yang bergotong-royong dan bersatu menjadi titik awal untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Hal ini juga membuktikan bahwa Anak Bangsa menjadi suatu tonggak dalam menanggung harga dan martabat bangsa Indonesia terutama di dunia Internasional, dimana persaingan dan penjajahan identitas bangsa dapat berlangsung di berbagai macam bidang kehidupan. Oleh sebab itulah penting pula menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Gerakan Rp. 1000 untuk IndonesiaSemangat Anak Bangsa inilah yang mendorong Muhato Hatta, Kris Tjantra, Carl Ideas dan Harry Koko Santosa menggagas Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia dengan sekretariat: Jl Kerinci VIII nomer 28, Jakarta Selatan berawal dari keprihatinan akan banyaknya pekerjaan yang muncul untuk melawan Covid-19. Mulai dari melengkapi kebutuhan team medis, menyebar tempat cuci tangan, sampai membantu pihak-pihak yang tidak berpenghasilan selama masa karantina dan juga sosialisasi untuk memutus meluasnya Covid-19.

“Gerakan Rp1000 untuk Indonesia memanggil setiap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke untuk ikut menyingsingkan lengan baju dan bersama-sama bergandengan tangan bahu membahu membela negara melawan Covid-19. Kami berharap teman-teman dari berbagai provinsi untuk mendukung sekaligus menyebarkan semangat ini di daerah mereka masing-masing”, ujar Kris Tjantra pada saat teleconference launcing rekening Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia, Jum’at (03/03/2020).

Mereka sadar bahwa seluruhnya harus dilakukan serentak, cepat, tetap, dan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta kendala keterbatasan waktu karena kondisi penyebaran virus Covid-19, sehingga pemerintah memberlakukan Social Distacing. Penggalangan semangat mereka lakukan melalui media sosial dan pergerakan legalisasi serta rekening untuk menampung donasi terus mereka kerjakan bersama-sama rekan-rekan lainnya yang tergabung di WAG dan Instagram Rp. 1000 untuk Indonesia.

“Jadi bukan semata-mata dimasalah angkanya tetapi semangat dahulu yang kita kobarkan dan dengungkan. Sekarang kita bergerak, jadi untuk kelengkapan Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia ini sudah resmi dari notaris kelengkapan hukum lengkap berupa akta perkumpulan sehingga bisa memiliki rekening yang resmi di bank. Kita kebanyakan juga orang kecil atau rakyat biasa, kita berkumpul bersama dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa inilah Indonesia yang kompak, ruhnya, semangatnya”, papar Carl Ideas Sekretaris Jenderal Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia.

Gerakan Rp1000 untuk Indonesia kali ini difokuskan untuk turut serta dalam penanggulangan bencana Covid-19, dengan bekerja sama dan mengikuti arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Partisipasi masyarakat dalam bentuk donasi sangat diharapkan untuk ikut menjadi bagian dari gerakan ini, donasi bisa dikirimkan ke Bank BNI No. Rek 320.420.520.2 a/n Gerakan 1000 Untuk Indonesia. Dijelaskan juga untuk beberapa platform pembayaran juga sedang di upayakan sehingga agak menunggu, tetapi harapannya tidak mengurangi semangat teman-teman dari Sabang hingga Merauke untuk berbagi.

Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia

Lebih lanjut Muhanto Hatta juga menjelaskan bahwa Gerakan Rp1000 untuk Indonesia ini merupakan wujud perjuangan dalam satu jiwa yang sama yakni jiwa persatuan, gotong royong, dan solidaritas kemanusiaan yang hakikinya ini adalah jati diri bangsa Indonesia. “Di bawah bendera Merah Putih kita bergerak bersama. Tidak memandang suku, agama, ras, partai politik atau golongan. Siapa pun kita, tua muda, pelajar, mahasiswa, pegawai, entrepreneur, ibu rumah tangga, petani, nelayan, buruh, dokter, bidan, perawat, dll, kita dipanggil secara pribadi oleh Ibu Pertiwi untuk berbuat sesuatu bagi Tanah Air ini, bagi Indonesia yang lebih sehat dan maju”, katanya.

Hingga sore tadi donasi yang sudah terkumpul melalui rekening bank adalah sebesar Rp. 53,871,620 dan diharapkan akan terus bertambah. Ada beberapa kegiatan yang akan di lakukan oleh Gerakan Rp. 1000 untuk Indonesia yaitu tahap awal penyemprotan disinfektan untuk 1000 tempat yang akan di fokuskan di Jakarta. Karena Jakarta adalah merupakan daerah yang terdampak paling besar, dimana warganyapun yang terpapar juga paling banyak, Selain itu juga akan melakukan kerja sama dan berkoordinasi dengan Bulog untuk mendapat kemudahan membeli sembako yang akan dibuat paketan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang terdampak akibat Covid-19. (lela; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *