Art & Culture

DOMESTIC FORMATION PRESENTASI SENI PERFORMANS 69 PERFORMANCE CLUB

JakartaARSNewsy-, Dalam keadaan physical distancing yang mengharuskan kita untuk tinggal di ruang-ruang yang privat untuk mejaga penyebaran wabah Covid-19. Tetapi ruang-ruang privat itu bukan menjadi penyekat atau pun portal untuk tidak berkarya.

69 Performance Club menghadirkan proyek fotografi performans edisi ke 19 yang membingkai rekaman-rekaman fotografis tubuh ruang-ruang domestik yang di ikuti 9 partisipan. Mereka adalah Dhanurendra Pandji, Dhuha Ramadhani, Maria Deandra, Pingkan Polla, Prashasti Wilujeng Putri, Robby Ocktavian, Syahrullah, Theo Nugraha, Ufik Taufiqurrahman, serta sebagai kurator karya adalah  Hafiz Rancajale.

Medium fotografi membekukan tangkapan tubuh, ruang, dan benda-benda menjadi gerak imajinatif, yang dibungkus dalam permainan cahaya, kecepatan tangkapan kamera, frame, fokus, dan berbagai kemungkinan teknis di dalamnya.

Tubuh-tubuh yang hadir dalam bingkai bisa secara utuh hadir sebagai objek tubuh, namun dapat juga berelasi dengan benda-banda dan ruang di mana tubuh itu hadir, sebagai salah satu cara menginterprestasi tanda-tanda antropologis dari ruang domestik kita.

Proyek yang akan berlangsung selama bulan April – Mei 2020 ini proyek mencoba merefleksikan apa-apa yang bisa dibaca dari peristiwa-peristiwa situasi sosial yang paling aktual saat ini dalam karya seni fotografi performans. Dimana setiap karya partisipan akan diunggah secara berkala ke akun Instagram @69performanceclub sebagai bentuk presentasinya. (rls; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *