Art & Culture

SELF PORTRAITS AND DISTANCING INISIASI MILISIFILEM COLLECTIVE

JakartaARSNewsy-, Dalam situasi yang mengharuskan tiap-tiap individu kembali ke ruang-ruang pribadi, sejak diumumkannya oleh pemerintah untuk melakukan social distancing bagi wilayah-wilayah yang terdampak Covid-19, Milisifilem Collective menginisiasi proyek merekam diri, melalui gambar-gambar potret diri.

Milisifilem Collective sendiri merupakan platform yang dibentuk Forum Lenteng pada September 2017 yang secara khusus mendalami praktik-praktik produksi visual, baik secara teknis maupun konteks yang terkait dengan persoalan sosial budaya terkini.

Platform belajar eksperimentasi visual ini diampu oleh Hafiz Rancajale dan Otty Widasari, serta beberapa pemateri tamu. Secara reguler, kolektif ini menyelenggarakan pelatihan tentang dasar-dasar visual secara lintas disiplin, menggunakan pendekatan yang partisipatoris dan kolaboratif.

Dalam proyek potret diri ini tiap-tiap partisipan diundang untuk membuat potret diri dengan medium; tinta, bolpoin, pensil berwarna dan oil pastel di atas kertas selama proses karantina mandiri ini berlangsung. Rekaman-rekaman visual ini dapat berupa selfie, atau ruang-ruang privat yang dapat diimajinasikan menjadi ruang-ruang yang lebih luas; ruang sosial.

Diharapkan proyek potret diri ini, kesadaran pada situasi terkini, di luar ruang-ruang privat dapat terekam dalam ekspresi dan imajinasi para partisipan. Secara regular karya-karya partisipan akan dipublikasikan melalui Akun Instagram @milisifilem sebagai bentuk presentasinya.

Proyek yang dihelat dari bulan April hingga Mei 2020 ini diikuti oleh beberapa partisipan Milisifilem Collective yang masih aktif, dimana para partisipan menjelajahi berbagai kemungkinan eksperimentasi visual, serta membangun kedisiplinan kolektif dalam memproduksi karya-karya visual. (rls; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *