Art & Culture

PHYSICAL DISTANCING MUARASUARA LIVE ON INSTAGRAM

JakartaARSNewsy-, Muarasuara merupakan wadah pertunjukan yang membingkai eksperimentasi dalam seni musik, baik dalam eksplorasi bebunyian maupun pada sifat pertunjukannya yang dapat menawarkan nilai-nilai wacana kultural baik di Indonesia maupun kawasan Asia bahkan global.

Dalam keadaan physical distancing akibat wabah Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tinggal di ruang-ruang privat, Muarasuara mencoba untuk merefleksikan hal yang bisa dibaca dari peristiwa-peristiwa situasi sosial yang paling aktual saat ini lewat pertunjukan langsung di Instagram Live pada April-Juni 2020 di akun Instagram @muarasuara.id .

Para seniman bunyi ditantang untuk membicarakan ruang privat kita dan kondisi sosial kita sekarang lewat seni bunyi, dengan Kurator: Robby Ocktavian, Syahrullah “Ule”, Theo Nugraha.

Festival Seni Bunyi dan Pertunjukan Muarasuara menjadi salah satu cara dalam melihat potensi pengembangan seni musik eksperimental Samarinda khususnya serta menjadi laboratorium tempat berlangsungnya kerjasama dan dialog antar ragam budaya melalui seni musik eksperimental dan juga sebagai medium pendistribusian pengetahuan dan juga pemetaan para pelaku seni musik eksperimental di kawasan Indonesia dan sekitarnya.

Program ini telah berjalan sejak 13 April 2020 dan akan terus berjalan sampai bulan Juni 2020. Sementara ini telah ada lima edisi live performance: Theo Nugraha (Samarinda), Lucy Moaningstar (Jakarta), AGDG (Bukittinggi), Yomi (Malang), Handoyo Purwowijoyo (Yogyakarta), dan Jagajaga (Bali). Seniman bunyi lain yang akan melakukan live streaming performance di @muarasuara.id adalah Jeritan (Samarinda), Dea Karina (Yogyakarta/Jakarta), Sabrina (Samarinda), Afri (Samarinda), dan masih banyak lagi. (rls; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *