Entertainment

2 YEARS OF FARIZ RM REBORN RAYAKAN 2 TAHUN TERBEBAS DAN BERSIH DARI NARKOBA MENJADI TITIK BALIK KEBANGKITAN

JakartaARSNewsy-, Musisi, penyanyi, dan pencipta lagu Fariz Rustam Munaf atau dikenal dengan nama panggung Fariz RM di usianya yang sudah 61 tahun mengaku belajar menjadi orang yang lebih legowo, lebih tenang, tidak terburu-buru merespons sesuatu, dan tidak kompulsif. Dia merasa bersyukur masih diberi kesempatan untuk mengarungi hidup ini, dimana tinggal menghitung sisa waktu untuk membenahi diri berbuat sesuatu yang lebih baik serta bermanfaat bersama Permata Belladona yang setia dan sabar mendampinginya di dua tahun terakhir.

Fariz RM dan Permata BelladonaPada dekade 1980-an Fariz RM adalah salah satu musisi Indonesia yang memiliki karya musik berkualitas, seorang musikus yang sering menyandang alat musik yang terlihat tak biasa dalam setiap aksinya. Sebutannya keyboard-guitar, disingkat keytar, mulai bersinar sebagai musikus Solo, terutama setelah album dan lagunya Sakura (1980), Nada Kasih (1987), dan Barcelona (1988).

Keyboard yang lazimnya menyerupai piano tiba-tiba mengerucut jadi mirip gitar, dicangklongkan di bahu. Bedanya, kalau gitar dipetik, instrumen itu bisa dimainkan dengan cara dipencet. Perkakas musik berbentuk unik itu bukan hanya paduan keyboard dan gitar, ada pula unsur akordion yang membaur di situ. Sebelum Fariz RM amat jarang musisi Indonesia yang menggunakan keytar pada awal dekade 1980-an itu.

Ironisnya, kiprah Fariz RM yang cemerlang di bidang musik berbanding terbalik dengan kebiasaan buruknya mengonsumsi obat-obatan terlarang. Seperti diketahui, musisi Fariz RM sudah tiga kali tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Pertama kali terjerat pada tahun 2007, kemudian pada tahun 2015, dan yang terakhir tahun 2018 kembali diamankan pihak kepolisian akibat narkoba.

Fariz RM kini berbeda, tampil dengan raut wajah lebih segar, dibanding tahun-tahun sebelumnya hadiri acara kejutan 2 Years of Fariz RM Reborn. Yaitu merayakan 2 tahun dirinya benar-benar terbebas dan bersih dari narkoba seakan menjadi titik tolak kebangkitan yang dirancang oleh Permata Belladona serta teman-teman disebuah hotel dibilangan Blok M, Jakarta Selatan (26/8).

“Insya Allah, ini lembaran yang dikendaki Tuhan untuk saya jalani agar saya bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan saya yang lalu. Saya bersyukur mempunyai pendamping hidup Permata Belladona yang menemani dan memberikan dorongan semangat cepat pulih di dua tahun terakhir ini. Saya sebenarnya sudah agak curiga dengan adanya acara kejutan 2 Years of Fariz RM Reborn, karena dari tadi siang dia sudah ajak saya kesalon, belanja dan ribut-ribut kecil”, papar Fariz RM sambil tersenyum sumringah didepan awak media yang hadir di acara 2 Years of Fariz RM Reborn.

2 Years of Fariz RM RebornDi penampilannya Fariz RM menunjukan stamina yang prima dengan iringan Adi Darmawan bass, Eddy Syahroni drum, Iwan Wiradz perkusi, Eugen Bounty (saxophone) dan Mike Alexander (gitar) memanjakan penonton dengan alunan 7 lagu ikonis yang diaransemen lebih fresh dan upbeat. Konser dibuka dengan lagu Hati yang Terang, Sungguh, Pasrah dan Cinta, Nada Kasih, Sakura, Selangkah ke Seberang, lalu ditutup dengan Barcelona.

Ditambahkan oleh Fariz RM bahwa Permata Belladona yang tahu betapa sulitnya membenahi sifat-sifat buruk selama dia menjadi pengguna, dimana itu tidak mudah. Saya masih memerlukan support dari teman-teman seperti hari ini hadir memberi kejutan lewat perayaan 2 Years of Fariz RM Reborn, untuk memberikan kepercayaan kepada saya. Itulah yang mendorong saya untuk bisa memperbaiki tata berpikir ke depan. Bahwa hidup tanpa masalah lebih baik dari pada hidup bermasalah.

Permata Belladona yang setia dan sabar mendampingi Fariz RM di dua tahun terakhir,menuturkan, bahwa dirinya hanya memberi semangat agar kembali bangkit bermusik dan berkaya. “Sebetulnya tidak ada treatment khusus buat mas Faris RM. Hanya di awal masa rehabilatasi menjauhkan dari kafein karena mengandung zat adiktif, seperti kopi, dan itupun hanya di satu bulan pertama. Saya melihat, keinginan dirinya yang kuat untuk kembali pada kehidupan yang sehat dan normal”, ujarnya.

Fariz RM dan Permata BelladonaHingga kini Fariz RM tercatat telah menelurkan 21 album solo, 3 album duet, 12 album grup, dan 1 album kompilasi. Tidak mengherankan jika majalah Rolling Stones Indonesia menganugerahi “Rolling Stones The Immortals”. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap karya-karya para legenda musik Tanah Air. (lela; foto tc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *