Entertainment

BELALANG SEMBAH LAGU BERNUANSA CINTA PERTAMA YANG DIRILIS OLEH .FEAST

JakartaARSNewsy-, .Feast group musik yang digawangi oleh Bagaskara Putra (Vokal), Adnan S.P. (Gitar), Dicky Renanda (Gitar), F Fikriawan (Bass), Adrianus Aristo Haryo (Drum). Terbentuk dari sekumpulan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Nama .Feast dipilih karena sebuah alasan bahwa mereka suka bekerjasama dengan orang lain dalam membuat musik. Lalu mereka menganggap musik mereka adalah suatu perayaan atas tragedy, kemenangan atau hal apapun. Mereka juga menambahkan titik didepannya agar membedakan mereka dengan group musik lainnya yang mempunyai nama sama.

.Feast Lagu Belalang SembahSetelah fokus mempromosikan Komodifikasi ciptaan Adnan dan Dapur Keluarga ciptaan Baskara Putra. 4 Oktober 2020 yang akan datang .Feast akan merilis mini album yang bertajuk Uang Muka yang terdiri dari 7 track. Berisi 5 lagu yang ditulis oleh masing-masing para anggota band. .Feast melanjutkan promosi mini album ini, dengan mengolah lebih dalam Belalang Sembah yang diciptakan oleh Dicky Renanda.

Lagu Belalang Sembah merupakan track bernuansa baru dari karya yang dimiliki .Feast mengangkat tema bernuansa cinta. walaupun tentang kisah cinta, pesan besar dalam mini album ini tetap tersampaikan dengan baik. Lagu ini diciptakan berdasarkan pengalaman dan keresahan pribadi yang menceritakan bagaimana seseorang yang bertemu lawan jenisnya via aplikasi kencan daring, namun pada akhirnya tidak menemukan kecocokan karena ada perbedaan kemampuan finansial diawal yang sulit diusahakan.

“Cinta seharusnya adalah hal yang tulus ternyata tetap tidak bisa lepas dari baying-bayang uang. Terlebih lagi kebutuhan manusia untuk berpasangan juga dituangkan dalam bentuk biro-biro jodoh”, kata Fikri Awan pemain bass dari .Feast.

Lirik Belalang Sembah

Kusimpan tubuhmu
Dalam kantong kiriku
Setiap saat kulit ini hendak begesekan
Keringat bertemu saat jari ke kanan
Tak percaya semua yang kulihat dari layar, hmhmm
Kecuali apa yang keluar dari milikmu
Yang hakiki hanya tokoh profil lekukmu

Namun sabun kita berlumuran
Dan tubuhmu dibalut hal berbeda tiap malam
Saat ini ku masih figuran muram

Tapi jadikanku
Belalang sembah
Walau sebentar, kupercaya indah (kupercaya indah)
Seberapa banyak, seberapa mahal
Semua ‘kan kuberi, semua ‘kan kugadai
Matikan aku setelah usai, matikan aku setelah usai

Oh kawan ini kehidupan, selamanya ada di keinginan
Ada ada hal dalam berpasangan
Uang muka sebuah pertumbuhan

Cuma rambutmu kan kuava mati
Rute pulang mutlak kupelajari
Kutahu nama anak kita nanti
Suatu saat kau pasti mengerti

Walau vakum dalam sebulan, hanya porsimu dalam sehari
Tidak lama kita bersimpangan, aku yakin kau bisa mengerti

Maka jadikanku
Belalang sembah
Walau sebentar, kupercaya indah
Seberapa banyak, seberapa mahal
Semua akan kuberi, semua kan kugadai
Matikan aku setelah usai, matikan aku setelah usai

Oh kawan ini kehidupan, selamanya akan ada keinginan
Ada ada dalam berpasangan
Uang muka semua pertumbuhan

.Feast Lagu Cinta Belalang SembahProses penulisan lagunya cukup spontan dan sederhana, dengan bermodalkan belajar seadanya tentang DAW dan midi controller, lagu ini tercipta dengan tujuan belajar dan eksplorasi. Dan ternyata hasilnya membuat para personel .Feast tertarik dengan lagu ini.

Ketika akhirnya menentukan tema, cinta adalah tema yang bisa mewakilkan lagu ini karena bernuansa gelap namun manis. Komposisi lagnya juga sebagian besar menggunakan elektronik, hanya gitar saja yang menjadi instrument analog pada lagu ini.

Video musik dari Belalang Sembah dibuat dengan ide awal yang sederhana, .Feast ingin mengambarkan bagaimana orang beranggapan mengenai cinta. Seberapa pengorbanan yang butuh dilakukan. Seberapa uang mempengaruhi selera orang. Atas dasar tersebut, .Feast mengajak para pendengar mengisi kuisioner. Ada lebih dari 812 responden yang telah mengisi dan Feast menemukan hasil survey yang menarik. Hasil survey yang dilakukan oleh .Feast dapat dilihat di video musiknya langsung.

Adegan dalam video klipnya justru menegaskan kalau uang tidak berpengaruh terhadap hubungan, terlihat bahwa .Feast membawa pesan berbeda di lagu dan video musiknya, dimana proses pembuatan videonya cukup cepat. Produksinya sendiri banyak menggunakan layar hijau (green screen) dan olah visual. .Feast juga terinspirasi dari referensi ala vaporwave/synthwave yang menyesuaikan suasana lagunya. (rls; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *