Art & Culture

INI CARA PELUKIS UNTUK TETAP KREATIF SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

JakartaARSNewsy-, Bagi para kreator seni, keterbatasan ruang gerak tak selalu berarti hambatan. Karena mereka bekerja melalui ide yang luasnya tak tersekat hambatan bersifat fisik. Apalagi saat ini teknologi yang berkembang sudah sangat memudahkan, sehingga tak ada lagi alasan untuk tidak produktif, khsusnya di masa pandemi Covid-19 ini

Seperti yang diungkapkan Tisna Sanjaya, pelukis yang juga dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB). Selama masa pandemi covid ini, dirinya sengaja mengambil posisi sebagai pengusung seni partisipatif dengan melibatkan keluarga.  Untuk itu dirinya memberi sejumlah tips agar kreatifitas tetap berjalan pada moment diskusi santai tentang  Kreativitas di Atas Covid-19 di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta pada Sabtu (17/10/2020) kemaren.

Adapun tipsnya sebagai berikut :

Pertama, cintai keseharian karena sangat menarik. Memang, kata pelukis sekaligus seniman yang akrab dipanggil Kang Tisna ini, sepintas seperti sama harinya tapi sebetulnya berbeda.

Kedua, jadikan setiap perubahan dan perbedaan adalah energi. Setiap keluar rumah bertemu orang sekitar, bersosialisasi, dan bergaul dengan hal-hal unik ataupun rumit harus menjadi spirit.

Ketiga, jadikan setiap perubahan dan pertemuan itu sebagai hal seni yang merupakan bagian dari doa.

Keempat, berfikir positif dan optimistis karena pamdemi ini terjadi di seluruh dunia, bukan hanya di Tanah Air Indonesia saja.

“Jadikan itu semua sebagai seni lewat doa. Seni untuk perubahan. Kalau tidak seperti itu kita tidak suka cita”, ujar Kang Tisna sambil merampungkan lukisan cepatnya sepanjang acara yang berlangsung selama tigapuluh menit itu. (wem; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *