KNOWLEDGE

KI BEGAWAN ABDUL HALIM KAPTEN KAPAL SULAP KAMPUNGNYA MENJADI DESA MILIARDER

JakartaARSNewsy-, Motto Di Laut dan Darat kita Jaya yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut berhasil diterapkan Ki Begawan Abdul Halim di tanah kelahirannya desa Sekapuk, Kabupaten Gresik Jawa Timur. Bagaimana tidak, pria kelahiran 12 Oktober ini rela banting stir dari seorang kapten kapal barang antar negara beralih menjadi “nakhoda” di kapal darat, dengan menjadi pimpinan di desanya.

Ki Begawan Abdul HalimMaka, hanya dalam tempo tiga tahun, sang kapten yang telah berlayar di lautan selama 12 tahun, sukses menyulap daerah yang tadinya desa tertinggal menjadi desa makmur dan layak menjadi insporasi untuk daerah lain.

Semula, Sekapuk adalah desa tertinggal dan miskin. Namun dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun masa kepemimpinannya, AHA, sapaan akrabnya, telah berhasil membuat masyarakat Sekapuk mandiri dan sebagai desa dengan rata-rata berpenghasilan tertinggi secara nasional.

“Saat saya terpilih menjadi Kepala Desa Sekapuk, di Tahun 2017 silam, saya melihat desa ini seperti gelas kosong yang harus diisi. Kemudian saya memilih pendekatan mendasar, yakni merubah mind-set masyarakat dari Desa Tertinggal menjadi Desa Miliarder”, beber Abdul Halim, dalam acara Talk Show Live Streaming and Dreaming; ‘Salute To Slank – 37 Tahun untuk Indonesia’,  Sabtu, 26 Desember 2020, di Out The Box Cafe, Kawasan Sentra Kota, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Abdul Halim  hadir bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Pengamat Musik Bens Leo dan Buddy ACe, Penanggung Jawab Acara sekaligus bertindak sebagai moderator karena juga seorang slanker, alias pengidola grup musik papan atas Indonesia tersebut.

Tak tanggung-tanggung, mereka juga mendeklarasikan diri sebagai desa miliarder dan menjadi viral di media sosial. Apalagi saat kepala desa yang nyentrik berkeliling menggunakan mobil operasional cukup mewah. Selama ini belum pernah ada kepala desa di Kabupaten Gresik naik mobil operasional setingkat Gubernur Jawa Timur. Pemerintah Desa Sekapuk juga membeli tiga mobil operasional lainnya, serta mobil ambulans standar Covid-19.

BACA JUGA :  BMW DAN MINI LUNCURKAN KENDARAAN TERBARU DI GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW 2021

Kelima mobil itu dibeli dari dana pemdes, hasil dari wisata, serta jual beli makanan ringan di stan yang ada di Desa Wisata Setigi Sekapuk Padahal tiga tahun lalu Desa Sekapuk tercatat sebagai desa termiskin dan tertinggal di abupaten Gresik, tetapi di tangan Kepala Desa Sekapuk yang baru, desa berpenduduk 6.000 jiwa ini bangkit dari keterpurukan di tengah serangan pandemi COVID-19 dan menjadi desa miliarder.

Pendapatan desa lebih dari Rp 4 miliar dicapai hanya dalam 2,5 tahun. Dana desa juga dipakai untuk membeli 56 unit sepeda listrik, yang dipakai anak-anak untuk sekolah. Terkait pengadaan mobil mewah untuk operasional, sang Kades menjelaskan alasannya.

Ki Begawan Abdul Halim“Terkait dengan mobil, kita bukan masalah mau dikatakan bergengsi atau berlebihan, tapi itu bagian dari apresiasi dan semangat sekaligus bentuk keseriusan, bahwasanya bisa kita dikatakan desa miliarder dengan kemampuan membayar pajaknya tentunya nanti ke depan mulai dari Pemdes dikasih Alphard, kemudian Bumdes Expander, PKK pakai Nissan matic, kemudian wisatanya double cabin, dan juga untuk fasilitas kesehatan berjalan, mobil ambulans Covid-19”, papar Abdul Halim.

Desa Sekapuk yang memiliki inovasi Menabung Air Untuk Generasi Masa Depan dan Wisata Desa Selo Tirto Giri (Setigi) juga mempekerjakan sekitar 700 orang warga yang semula pengangguran. Kepala Desa Sekapuk berharap para perangkat desa tak berpuas diri. Pencapaian fantastis ini harus terus dijadikan motivasi untuk mensejahterakan seluruh warga setempat.

Apa yang telah dilaksanakan oleh Abdul Halim di desanya itu membuat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan punya perhatian besar dan menjadikannya sebagai contoh atau model untuk daerah-daerah lain.

“Kami di Kementerian punya slogan Merdeka Belajar. Harapan kita desa bisa saling menginspirasi. Nanti kita fasilitasi agar Pak Kades bisa jalan dari desa ke desa untuk menularkan gagasannya”, tandas Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.

BACA JUGA :  #GAKPAKELAMA KAMPANYE GOJEK HADIRKAN INOVASI LAYANAN TERCEPAT JEMPUT

Ki Begawan Abdul HalimKekaguman dan apresiasi juga datang dari  PT Bank BRI  yang menobatkan Desa Sekapuk sebagai Juara Desa Brilian, terbaik dari 75.436 desa se Indonesia pada 1 Desember lalu.  Selain itu penghargaan serupa juga diberikan Kementrian Desa memberikan predikat Desa Cerdas dan menjadikan Desa Sekapuk sebagai desa percontohan Nasional. (wem; foto yo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *