Journey

LAKE TOBA BIKE ADVENTURE 2021 : HARGAI BUDAYA BANGSA DENGAN MENGENAL ADAT BUDAYA BATAK

Sumatera UtaraARSNewsy-, Cantiknya alam Indonesia sungguh luar biasa, tidak bisa dipungkiri lagi. Event Lake Toba Bike Adventure 2021 sungguh telah membuat para peserta semakin mengenal dan menghargai budaya bangsa sendiri, khususnya melalui adat budaya Batak.

Lake Toba Bike Adventure Mengenal Adat Batak
      Menuju Air Terjun Janji Kabupaten Hubang Hasundutan

Hari Pertama Lake Toba Bike Adventure 2021, para peserta langsung disuguhkan keindahan alam Danau Toba, melalui bukit tertingginya di Hutaginjang. Sambil menikmati alam peserta pun belajar banyak budaya Batak dengan mengunjungi museum Sejarah Batak TB Silalahi di Singgolom, dan disudahi suasana malam serta keindahan alam Caldera Cafe & Resto Balige.

Di Hari Kedua, Lake Toba Bike Adventure 2021, kejutan demi kejutan indahnya alam Danau Toba kembali dirasakan para peserta yang bersepeda kurang lebih 40 km menuju Bakkara. Sepanjang perjalanan pemandangan indah betul-betul disuguhkan dengan tiada henti. Menyusuri jalan yang berliku tanpa hambatan yang berarti, sungguh menjadi satu cerita yang tidak terlupakan. Tujuan pertama adalah Sipinsur Geosite. Titik tercantik dimana bisa memandang Danau Toba dari atas bukit hutan Pinus.

Dari Sipinsur Geosite, peserta Lake Toba Bike Adventure 2021 bergeser sedikit ke arah barat untuk mengunjungi tempat wisata yang tidak kalah cantiknya, Panoguan Solu, seraya menikmati pemandangan sambil disuguhi buah Nanas Sipahutar yang super segar dan manis. Tidak berhenti di situ peserta pun bersepeda menuju Air Terjun Janji yang berada di Bakkara dan lanjut menyebrang menuju Pulau Samosir. Dan sambutan hangat Tarian Daerah Batak di Toba Cottage benar-benar menambah pengalaman yang luar biasa.

Hari Ketiga, Lake Toba Bike Adventure 2021, dimana keseruan bersepeda akan dilanjutkan dengan mengelilingi Pulau Samosir. Hari terakhir bersepeda sekaligus hari penutupan Lake Toba Bike Adventure 2021 menjadi hari yang paling berkesan bagi para peserta. Dimulai dengan bersepeda menyusuri indahnya destinasi-destinasi wisata pulau Samosir, dan ditutup dengan farewell dinner untuk seluruh peserta.

Start bersepeda dari Tabo Cottage, tempat bermalam menuju ke Simanindo, dimana mata memandang disuguhkan oleh beraneka macam tarian khas Batak, Tortor. Mengenal lebih jauh tentang budaya Batak dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat wilayah tersebut juga menjadi suatu pengalaman yang menarik.

Lake Toba Bike Adventure Mengenal Adat Batak
Air Terjun Bakti Raja

Para peserta Lake Toba Bike Adventure 2021 bergeser untuk bersantai di pantai Sangkal menikmati kopi Samosir yang sangat nikmat, kemudian makan siang di pantai Sigurgur. Tujuan wisata penutup sebelum kembali ke penginapan, adalah kampung adat Batak, yang bernama Huta Bolon Rumah Kaca. Di sana para peserta kembali mendapatkan banyak cerita tentang budaya Batak.

Malam perpisahan Lake Toba Bike Adventure 2021 masih tetap diisi dengan tari-tarian adat, serta penyematan kain ulos bagi setiap peserta, sebagai tanda mata kehadiran di Danau Toba. Sangat berkesan dan tidak terlupa, berharap semua bisa berjumpa lagi di event Lake Toba Bike Adventure seri selanjutnya.

HORAS! HORAS! HORAS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *