Entertainment

MELDHA SUKSES PUKAU DEWAN JURI LIDA 2021

ARSNewsy-, Konser Liga Dangdut (LIDA) 2021 Top 42 Grup 6 Merah yang tayang tadi Selasa (3/5/2021) menghadirkan tiga Duta Provinsi yakni
Sawitri (DKI Jakarta), Meldha (Jawa Barat), dan Ikhwan (Sulawesi Barat). Dipandu Ramzi, Irfan Hakim, Ruben Onsu, Rara LIDA, dan Jirayut DAA. Sementara Soimah, Inul Daratista, Dewi Perssik, dan Yosep Sinudarsono hadir langsung untuk bertugas sebagai Dewan Juri.

Lengkingan cengkok dari Sawitri (DKI Jakarta) membuka kompetisi Top 42 Grup 6 Merah tadi malam dengan lagu Gundah. Inul Daratista dan Yosep Sinudarsono tidak ragu-ragu memberikan standing ovation untuk penampilan Sawitri.

Melihat penampilan tersebut Inul Daratista menilai, apa yang ditampilkannya sudah seperti penyanyi profesional yang terbiasa menyanyi dari panggung ke panggung. “Sedikit masukan saja mungkin mata kamu pada saat menyanyi harus lebih fokus lagi meski tanpa penonton. Selain itu gaya panggung juga harus bisa lebih disesuaikan”, tutur Inul yang dibenarkan oleh Soimah.

Namun demikian Soimah juga memberi catatan tambahan. ” Ini adalah sebuah kompetisi sehingga sedikit kekurangan saja akan dinilai dan dikomentari karena tadi di beberapa part lagu ada nada-nada yang geser”, ungkap Soimah yang menjelaskan alasannya tidak memberikan standing ovation.

Sementara Meldha yang tampil maksimal saat membawakan lagu Hadirmu Bagai Mimpi, berhasil menaklukkan panggung LIDA 2021 lewat suaranya yang berkarakter dengan menuai standing ovation dari seluruh Dewan Juri yakni Soimah, Inul Daratista, Dewi Perssik, dan Yosep Sinudarsono.

“Saya melihat penampilan kamu itu sudah tidak seperti peserta lagi, tapi sudah seperti penyanyi terkenal. Kamu harus bisa
lebih banyak lagi menunjukkan karakter suara kamu yang berbeda”, komentar Dewi Perssik yang langsung ditimpali oleh Inul Daratista.

“Banyak sekali kelebihan yang kamu miliki. Karakter suara kamu sangat bagus yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Kamu harus bisa memilih lagu yang tepat sesuai dengan suara serak-serak basah yang kamu miliki”, pesan Inul Daratista.

Suasana panggung LIDA 2021 seketika berubah ketika Nia LIDA yang bertugas sebagai Sahabat Duta diminta oleh Soimah untuk memberikan contoh menyanyi yang baik. Soimah justru dibuat kecewa oleh Nia LIDA hingga membuatnya marah karena dinilai justru lebih buruk dibandingkan peserta. Namun semua itu hanya bagian dari kejutan istimewa yang disiapkan untuk Nia LIDA yang merayakan hari jadinya ke-19. Tangis haru Nia LIDA tidak terbendung karena tidak menyangka bahwa Dewan Juri, host, dan Sahabat Duta akan memberikan kejutan perayaan ulang tahun untuk dirinya. Ramzi pun telah menyiapkan satu kotak spesial untuk Nia LIDA.

“Dari pertama
lihat Nia memang menaruh perhatian khusus karena Nia cantik, baik, dan sopan. Jadi kali ini gue kasih hadiah yang belum pernah diberikan kepada peserta lain”, tutur Ramzi yang langsung ditanggapi oleh Nia LIDA.

“Aku merasa Abi memang baik sama aku dan perhatian sama aku sejak awal aku audisi”, ungkap Nia LIDA sambil membuka hadiah pemberian Ramzi yang berisi makanan berbuka puasa.

Kompetisi terus berlanjut dengan penampilan Ikhwan dengan lagu yang dipopulerkan oleh Nassar
yakni Seperti Mati Lampu. Upayanya itu hanya berbuah satu standing ovation dari Yosep Sinudarsono. Sebelum Dewan Juri berkomentar, Ikhwan mengakui penyebab penampilannya yang dinilai belum maksimal yakni beberapa nada masih banyak goyang dan kehabisan nafas.

“Kamu anak yang pintar karena kamu dapat mengoreksi penampilan kamu sendiri. Sebenarnya saya cukup terhibur dengan penampilan kamu dan suara kamu juga bagus. Akan tetapi saya tidak mau kamu lalai dengan beberapa hal yang perlu dikoreksi dari penampilan kamu. Semua yang kamu sebutkan tadi itu benar semua hingga saya belum bisa memberikan standing ovation”, ujar Soimah.

Polling akhir menempatkan Meldha di posisi teratas yang sekaligus memastikan diri melaju ke babak
Top 28. Sementara Ikhwan harus tersingkir karena berada di posisi dua terbawah dan Sawitri yang satu posisi dengannya diselamatkan dewan juri untuk berhak maju ke babak berikut
Kesempatan untuk menekan tombol buzzer pun tidak digunakan oleh Dewan Juri kali ini.

Dengan demikian Ikhwan tersenggol dan perjuangannya hanya terhenti di babak Top 42 LIDA 2021. (fauzi; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *