Art & Culture

ANUGERAH LOMBA BERBALAS PANTUN TINGKAT NASIONAL 2021 PIALA MENTERI BUMN

Untaian Kata Indah dilantun
Sambil bergaya gemulai menari
Saatnya kita berbalas pantun
Lestarikan budaya kekayaan negeri

ARSNewsy-, Pantun merupakan Warisan Budaya Dunia Tak Benda yang dikukuhkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada Kamis, 17 Desember 2020. Didukung oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Balai Pustaka (BP) sukses melaksanakan kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021 memperebutkan Piala Menteri BUMN.

Kondisi pandemik Covid-19 yang melanda Indonesia mengharuskan kegiatan dilaksanakan dengan metode virtual, kondisi ini tidak menurunkan semangat peserta yang berasal dari Sabang sampai Merauke untuk melaksanakan kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021, hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta, yang berjumlah 1.085 peserta.

Balai Pustaka menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan para Sponsorship yang telah mendukung sepenuhnya Kegiatan Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional Tahun 2021, sehingga berjalan sukses.

“Dalam sejarah, Lomba Berbalas Pantun memecahkan tiga rekor, melibatkan peserta dari Aceh sampai Papua, kemudian dalam bentuk video, dan melibatkan 1.085 peserta”, ujar Achmad Fachrodji, Direktur Utama Balai Pustaka.

Ada 2 (dua) kategori peserta yang diperlombakan pada Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional tahun 2021, yaitu :

  • Peserta Milenial BUMN/Anak Perusahaan BUMN yang diikuti oleh 297 tim
  • Peserta Umum yang diikuti oleh 788 tim

Bentuk apresiasi kepada para pemenang Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional tahun 2021, Balai Pustaka menyelenggarakan Penganugerahan Piala Menteri BUMN di Lantai 21 Kementerian BUMN, Kamis, 10 Juni 2021. Acara dihadiri secara virtual oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, penyerahan piala dan hadiah diwakili oleh Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto. Beberapa Direksi dari berbagai BUMN juga turut serta menghadiri acara baik secara luring dengan undangan terbatas maupun daring melalui Zoom atau live streaming Youtube.

“Kepada para peserta yang telah ikut mendukung, baik Milenial BUMN maupun kelompok komunitas se-Indonesia saya ucapkan terima kasih, semuanya saya anggap sebagai pemenang karena telah ikut melestarikan budaya berpantun”, kata Erick Thohir.

Ucapan selamat kepada peserta lomba berbalas pantun yang tetap semangat berkompetisi dan berprestasi dengan lancar dari tahap pendaftaran sampai ke tahap 10 besar. Harapan Balai Pustaka dan Kementerian BUMN, agar semakin banyak masyarakat yang terlibat dan termotivasi untuk ikut melestarikan budaya berpantun.

Data Pemenang kategori Milenial BUMN/Anak Perusahaan BUMN :

– Juara 1 dan Favorit: KC Bengkulu – BRI
– Juara 2: Sinergi Pekanbaru – PLN
– Juara 3: Karsa – Telkom.

Data Pemenang kategori Umum :

– Juara 1: Tuah Pujangga
– Juara 2: Sanggar Selembayung SMAN 4 Tanjungpinang
– Juara 3: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

– Juara Favorit: Sanggar Seni Budaya Wanua Masengereng.

Spesial Penghargaan :

– Kontingen dengan Tim terbanyak mengirimkan video: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

Tim Paling Kreatif : Karsa Telkom

Selamat kepada tim yang meraih juara pada Lomba Berbalas Pantun Tingkat Nasional tahun 2021, tetap semangat dan tetap jaga warisan dalam berpantun. (rls; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *