LEGISLATOR

MENTERI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA APRESIASI PELAKSANAAN KURBAN SECARA ONLINE DITENGAH PANDEMI

ARSNewsy-, Banyak cara yang bisa dilakukan mencegah sebaran virus Covid-19 tanpa harus kehilangan moment saat ada perayaan hari keagamaan seperti hari raya Idul Adha. Karena ibadah yang diiringi dengan pelaksanaan kurban itu bisa dilakukan secara online dan banyak dipraktekan masyarakat.

Atas upaya dan kreatifitas yang sekaligus tak mengurangi esensi ibadah tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyatakan apresiasi dan rasa hormat atas kesadaran masyarakat atas langkah yang juga bertujuan untuk menekan penyebaran virus Corona.

“Situasi masih genting dengan kegawatan kondisi yang diakibatkan pandemi Covid-19 ini. Maka protokol kesehatan mutlak dan sangat imperatif untuk kita lakukan dengan tertib”, kata Johnny G. Plate secara virtuak dalam acara Pemotongan Hewan Kurban Keluarga Besar Kementerian Kominfo, Rabu (21/7/2021).

Menkominfo menilai pelaksanaan kurban secara online merupakan salah satu solusi untuk beribadah di tengah pandemi dan memutus penyebaran Covid-19. Pemotongan dan penyerahan daging kurban tahun ini oleh kementerian Kominfo dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama untuk perayaan Idul Adha 1442 Hijriah dan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 36 Tahun 2020 tentang Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban saat Wabah Covid-19.

“Penyerahan hewan kurban dalam rangka Idul Adha 1442 H ini harus memperhatikan protokol kesehatan yang ketat”, kata Johnny G. Plate.

Dalam acara itu, Menkominfo juga menyinggung dampak pandemi virus Covid-19 terhadap masyarakat Indonesia, khususnya keluarga rentan. Untuk itu, pemerintah mengadakan program perlindungan sosial yang dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) agar bisa dilakukan tepat waktu, tepat tempat dan tepat sasaran bagi orang yang berhak menerimanya. (wem; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *