Journey

PULUHAN FASILITAS WISATA DI BALI INI MEMAKSIMALKAN APLIKASI PELACAK COVID-19

ARSNewsy-, Puluhan hotel dan fasilitas wisata di Bali memastikan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk mencegah virus Covid-19 tak merebak lagi di salah kawasan wisata utama Indonesia tersebut. Kepastian pemanfaatan tersebut dinyatakan pihak ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation selaku pengelola dan pengurus The NUsa Dua, satu dari sejumlah kawasan wisata terkenal dunia di Bali.

Tidak kurang dari Enam belas hotel, tujuh fasilitas, Peninsula Island, dan Kantor  di kawasan tersrbut  telah menerapkan quick response (QR) code untuk aplikasi PeduliLindungi yang wajib dipindai oleh setiap pengunjung.

“Sebagai bentuk dukungan kami terhadap upaya pemerintah menekan penyebaran kasus COVID-19 di ruang publik, The Nusa Dua telah memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi untuk melengkapi penerapan protokol kesehatan di daerah tersebut”, kata Direktur Utama The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita di Jakarta, seperti rilis yang diterima redaksi pada Sabtu (18/9/2021).

Ditambahkan oleh I Gusti Ngurah Ardita, dengan aplikasi PeduliLindungi untuk screening, keberadaan pekerja pariwisata dan pengunjung di kawasan The Nusa Dua dapat terpantau dengan baik untuk menghindari keramaian dan penularan virus. “Daerah Nusa Dua sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi sejak Juli lalu dan kami akan memastikan penggunaan aplikasi ini bisa diterapkan secara konsisten”, ujarnya.

Pengunjung yang memindai kode QR check-in secara otomatis terdaftar sebagai penghuni sementara di lokasi yang dikunjungi hingga saat mereka meninggalkan lokasi dan memindai kode QR check-out katanya. Dengan adanya sistem check-in dan check-out di aplikasi PeduliLindungi, data pengunjung dapat tersimpan secara lengkap pada dashboard berbasis web yang dimiliki oleh masing-masing tenant untuk memudahkan pelacakan, tambahnya.

I Gusti Ngurah Ardita berharap penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan berbagai upaya mitigasi lainnya mampu menjadikan The Nusa Dua sebagai destinasi wisata bebas Covid-19 yang aman dan nyaman bagi pengunjung sehingga dapat mendukung pemulihan pariwisata Bali. (wem; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *