Women Insight

MUSLIMAT BULAN BINTANG PERJUANGKAN 30% KURSI PARLEMEN UNTUK WANITA INDONESIA

ARSNewsy-, Wanita mempunyai kedudukan dan fungsi yang sama dengan laki-laki sebagai khalifah fil ardi, terpanggil untuk berkiprah di tengah masyarakat luas melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar. Oleh karena itu, wanita sangat berperan penting di kancah politik, jadi jangan pernah meremehkan suara wanita, mereka juga berhak untuk berpolitik.

Hamidah Yacoub, B,A Ketua Umum Muslimat Bulan BintangMuslimat Bulan Bintang yang menjadi salah satu sayap partai ataua Badan Otonom Partai Bulan Bintang siap melaksanakan tugas serta visi dan misi partai, salah satunya pembangunan infrastruktur di daerah. Berdirinya Muslimat Bulan Bintang dinilai relevan dengan kebutuhan Partai Bulan Bintang sebagai partai politik yang membutuhkan calon legislatif wanita dan suara wanita, sekaligus memenuhi UU Pemilu dan partai politik yang mewajibkan calon legislatif dan kepengurusan partai politik di semua tingkatan diwajibkan minimal 30 % diisi oleh wanita.

Didirikan pada Sabtu 11 Zul Qa’dah 1419 Hijriyah bertepatan dengan 27 Februari 1999 Miladiyah di Hotel Pencak Silat, Jakarta, Muslimat Bulan Bintang kini dipimpin oleh Hamidah Yacoub BA periode 2020 -2025. Dia menargetkan di Pemilu 2024 harus ada perwakilan Muslimat Bulan Bintang di kursi DPR RI, Kota maupun Kabupaten. Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan menggaet wanita-wanita milenial, sebab tak sedikit suara wanita yang belum tertampung.

“Kami pertama berkantor di Jl. Kramat no. 46, sebagai badan otonom Muslimat Bulan Bintang mengurus dirinya sendiri. Di segi politik kami satu komando dibawah ketua umum Partai Bulan Bintang. Kegiatan Muslimat Bulan Bintang adalah mencerdaskan kaum wanita untuk ikut berpolitik dan bisa menjadi anggota dewan untuk keterwakilan 30 % wanita di parlement”, jelas Hamidah Yacoub, BA di Markas Besar Partai Bulan Bintang di Pasar Mingu, Rabu (13/10/2021)

Tujuan berdirinya Muslimat Bulan Bintang yaitu terbinanya kualitas Muslimat sebagai kader partai yang berkarakter Islami, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, untuk tercapainya perjuangan Partai Bulan Bintang dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. Untuk mencapai tujuannya, Muslimat Bulan Bintang melaksanakan usaha dan aktivitasnya di bidang sosial, politik dan kemasyarakatan pada umumnya, antara lain dalam bentuk-bentuk sebagai berikut :

  1. Menghimpun, menyalurkan, menyuarakan dan menyampaikan aspirasi kaum perempuan baik melalui Partai Bulan Bintang maupun langsung kepada lembaga-lembaga lainnya. Hal itu agar dijadikan pertimbangan di dalam pengambilan kebijakan dan atau keputusan bagi kemasalahan rakyat Indonesia pada umumnya dan kaum muslimat pada khususnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  2. Menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan di bidang politik dan keorganisasian, diskusi, seminar, lokakarya, pelatihan kader dan aktivitas lainnya yang sejenis, guna meningkatkan kualitas anggota dan masyarakat.
  3. Mengadakan dialog, membina hubungan dengan organisasi perempuan lainnya, serta aktif mengikuti kegiatan-kegiatan perempuan pada tingkat daerah, nasional, regional, maupun international.
  4. Usaha-usaha di bidang ekonomi.
  5. Aktivitas lain yang halal dan baik, bagi kemaslahatan anggota, organisasi, ummat dan rakyat Indonesia pada umumnya yang tidak bertentangan dengan syariat dan hukum yang berlaku.

Hamidah Yacoub, B,A Ketua Umum Muslimat Bulan Bintang dan Yessi Yuga Puspita, SE Sekjend PP Muslimat Bulan BintangDisampaikan juga oleh Hamidah Yacoub, BA untuk pendekatan kepada masyarakat bisa menggunakan berbagai cara seperti melalui pengajian, kegiatan-kegiatan di PKK. Pada saat pandemi Covid-19, masyarakat kita sedang sulit ekonominya, oleh karena itu di Muslimat Bulan Bintang ada bidang usaha-usaha ekonomi yang didalamnya ada pertanian dan peternakan. Selama ini kita kurang memperhatikan alam Indonesia, tanah air kita ini sangat subur sekali, dimana kita bisa menanam apa saja dan hasil panennya bisa untuk kebutuhan nasional dan internasional.

Wanita lulusan fakultas sastra UI dan belajar bahasa arab di Kairo yang memiliki hobi berkebun dan bercocok tanam memberikan contoh untuk meningkatan ekonomi keluarga bisa melakukan penanaman sayuran organik dengan sistem hidroponik yang tidak membutuhkan lahan luas. Pasar untuk sayuran organik sangat terbuka, salah satunya untuk restoran Korea dan Jepang mereka sangat membutuhkan sekali sayuran organik ini.

“Dengan program pertanian perkotaan (urban farming) Muslimat Bulan Bintang ingin mengarahkan ibu-ibu untuk melakukan hal itu, dengan kami membimbing mereka melalui pelatihan-pelatihan, mereka menanam dan kami mencarikan pasar, itu tidak akan sulit. Selain itu kita juga mengedukasi masyarakat soal mengkonsumsi sayuran yang sehat tanpa pestisida. Dan juga bisa untuk pemenuhan kebutuhan ekonomi mereka”, kata Hamidah Yacoub, BA

Yessi Yuga Puspita, SE  Sekjend PP Muslimat Bulan Bintang Sedangkan Sekjend PP Muslimat Bulan Bintang Yessi Yuga Puspita, SE mengungkapkan, setelah menyempurnakan struktur organisasi Insya Allah siap untuk turun kedaerah untuk melengkapi seluruh kepengurusan yang baru periode 2020-2025, keseluruh wilayah Pimpinan Wilayah, Pimpinan Caban,  dan Pimpinan Anak Ranting Muslimat Bulan Bintang di seluruh Indonesia.

“Dalam waktu dekat ini seluruh kepengurusan yang ada di setiap propinsi sudah mulai dilengkapi sehingga bisa menjalankan program-program di daerah mereka masing-masing. Insya Allah Muslimat Bulan Bintang akan melebarkan sayapnya sehingga bisa mencetak semua wanita-wanita yang nanti kedepan disaat pileg 2024 mereka bisa maju menjadi caleg. Sehingga kita bisa mencapai kursi di parlemen baik DPR RI maupun DPD RI”, kata Yessi Yuga Puspita, SE. (lela; foto tc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *