Entertainment

IWAN FALS KONSISTEN INGIN CIPTAKAN KARYA BAGUS

ARSNewsy-, Siapa yang tidak kenal Iwan Fals, perjalannya yang sudah puluhan tahun di dunia musik tanah air dengan ratusan karya yang telah dihasilkan, telah menempatkannya bukan lagi sekedar musisi biasa. Status dan rekam jejak yang telah ditorehkan tersebut tak pelak telah menempatkannya dalam status legenda.

Meski demikian, sebagai musisi yang cinta dengan dunia yang telah membesarkannya, Iwan Fals tetaplah seniman yang juga punya idealisme sendiri. Nilai-nilai itu yang coba dipertahankannya, dalam bentuk karya yang tidak asalan. Atau konsisten berusaha untuk menciptakan sesuatu yang bagus dan bermakna.

“Kalau ditanya mimpi di musik, saya pengen bikin lagu yang bagus. Ya, pengen bikin lagu yang bagus itu kayak gimana”, kata Iwan Fals dalam wawancara virtual ‘Spesial Interview HUT Indosiar ke-27’, Rabu (22/12) pekan lalu.

Meski di sisi lain diirnya tetap bersukur telah melahirkan banyak karya yang disukai orang, namun keinginan untuk menciptakan karya yang mampu masuk ke relung hati banyak orang. Maka atas alasan itu pula, hingga hari ini dirinya tetap aktif menggubah lagu.

“Bermusik sudah jalan hidup. Ya bermusik saja. Latihan terus, terus bikin lagu. Kalau hari ini lagu sudah jadi, besok bikin lagu lagi. Ya mau ngapain lagi yach ? “, ujar penyanyi bernama lengkap Virgiawan Listanto ini.

Menurut Iwan Fals, kalau sekarang dia cenderung menerima masukan saat membuat karya. Kalau dulu, sekitar era 1982 sampai 1984, katanya, seringkali lagu yang dia buat sering dikritik sesama kawan, karena dianggap lagunya berbahaya dan bisa buat pihak tertentu marah. “Kalau dulu kadang terpengaruh, kadang saya tetap ngotot”, katanya.

Bicara soal pasar, bagi Iwan Fals pun hal itu tidak selalu jadi patokannya dalam berkarya. Menurutnya pasar terdiri dari bermacam-macam tipe manusia yang memiliki sudut pandang keindahan yang berbeda. Bagaimanapun, setiap karya yang masuk ke pasaran tentu akan memberi nyawa tersendiri. “Sejauh tidak terlalu mengganggu, saya menerima bagaimana perkembangan pasar, tapi kalau pasar terlalu mendikte, saya nggak mau”, ujarnya.

Di puncak perayaan HUT Indosiar nanti Iwan Fals mengaku akan membawakan sekitar 4 lagu, dan kemungkinan juga akan ada sesi kolaborasi dengan penyanyi lain. “Apa yang disajikan, nanti kita lihat. Yang jelas saat ini persiapan secara pribadi sudah dilakukan,” katanya sambil menyampaikan apresiasi kepada Indosiar yang konsisten menyajikan informasi yang bermanfaat, serta mampu melahirkan bakat-bakat baru”, katanya. (fauzi; foto dok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *