Entertainment

DUKUNG MUSISI BARU NAGASWARA HADIRKAN NAGADIGIT MULTI CHANEL NETWORK

ARSNewsy-, Dengan berkembangnya dunia digital dan belakangan ini banyak yang terjadi di dunia digital yang berhubungan dengan monetisasi. Permasalahan yang sering muncul adalah hak dari para pelaku di dunia digital, dimana banyak yang merasa dirugikan dengan para kreator yang mengcover karya orang lain.

Ceo Nagaswara, Rahayu Kertawiguna Melihat perkembangan tersebut Nagaswara sebagai Major Label yang mengukuhkan dirinya dengan sebutan Big Indie bekerjasama dengan Pragita Prabawa Pustaka dan Cerdas Solusi Indonesia memberikan solusi dengan meluncurkan produk terbaru yang diberi nama Nagadigit Multi Channel Network.

Ceo Nagaswara, Rahayu Kertawiguna mengungkapkan, Nagadigit Multi Channel Network dikembangkan dan dihadirkan di Indonesia, yang bertujuan untuk mendukung musisi baru mengenalkan karya melalui YouTube. “Nagadigit adalah jaringan multichannel yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube. Memberikan layanan pengembangan penonton, pemrograman konten, kolaborasi kreator hingga manajemen hak digital,” ujarnya pada konferensi pers Nagadigit yang diadakan di kawasan Manggarai, Jumat 24 Juni 2022.

Nagadigit Multi Channel Network merupakan penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan sejumlah channel Youtube untuk menawarkan berbagai layanan, diantaranya pengembangan penonton, pemrograman konten, kolaborasi creator, management hak digital, monetisasi, dan penjualan.

“Untuk itu Nagadigit muncul guna mengatur bagaimana pembagian yang adil bagi para pemilik karya dan mereka yang mengcover. Bagi mereka yang mereupload karya dari para anggota Nagadigit, maka akan terdeteksi”, jelas Hilkia Utomo mewakili Nagadigit.

Saat ini Multi Channel Network serupa telah ada beberapa di Indonesia, namun Nagadigit hadir menawarkan kemudahan-kemudahan serta benefit lebih. Beberapa keuntungan itu diantaranya : Channel yang bergabung mendapatkan perlindungan kepada para reupl oader, pengiriman aset atau konten lebih mudah, mendapatkan akses ke lagu-lagu yang berada dalam naungan Nagaswara Publisherindo Musik (https:/nagaswarapublisher.com) dan publisher lainnya, yang tergabung di Festival Suara (https:/festivalsuara.id), hingga mendapatkan pembayaran meski belum mencapai batas minimum $100 layaknya yang diterapkan oleh Google Adsense dan masih banyak lagi.

Bimas Nurcahya dari Pragita Wibawa PustakaBerkenan dengan hal tersebut, Nagaswara sebagai pemilik Content-ID dan Publisher di Indonesia menggandeng Pragita Prabawa Pustaka sebagai salah satu Publisher di Indonesia yang memiliki kekuatan sehagai memegang lisensi dari beberapa composer besar seperti Denny Caknan, Trisuaka, NdarBoy Genk, Happy Asmara, dll.

Bimas Nurcahya dari Pragita Wibawa Pustaka menjelaskan, perlindungan dalam sistem Youtube/Google Inc. Itu ada dua aspek :

  1. Perlindungan Lagu dalam bentuk ciptaan aslinya (notasi/komposisi asli) dilindungi oleh publisher/penerbit musik melalui Content Management System (CMS) Publishing. Saat ini CMS Publishing Pragita Prabawa Pustaka adalah salah satu CMS terkuat di Indonesia, menaungi pencipta-pencipta seperti Denny Caknan, Ndarboy Genk, Fahmi Sahab dan lain-lain. Selain itu, Pragita juga adalah satu-satunya publishing di Indonesia yang memiliki afiliasi dengan satu kantor pengacara terkemuka dalam hak cipta musik, Josbi Indonesia Lawfirm.
  2. Perlindungan Lagu ketika sudah diproduksi (Master), yaitu dalam bentuk Content dalam Youtube, dilakukan melalui CMS/Content-ID Nagadigit.

“Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kolaboraksi antara Nagaswara, Pragita dan CSI dalam Nagadigit ini menghasilkan suatu perlindungan yang sifatnya lebih menyeluruh jika dibandingkan kompetitor lain. Bukan hanya pengalaman Nagaswara dalam mengelola ratusan artis dan puluhan ribu Content, pengetahuan dan pengalaman Pragita dalam bidang hukum Hak Cipta Musik juga ikut membantu para pemilik Channel atau Content kreator untuk berkreasi dengan rasa aman”, papar Bimas Nurcahya.

Dukung Musisi Baru Nagaswara Hadirkan Nagadigit Multi Chanel NetworkKolaborasi makin lengkap dengan hadirnya perusahaan teknologi Cerdas Solusi Indonesia (CSI) sebagai sebuah perusahaan IT yang yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek pemerintahan. seperti-dengan Direktorat Perpajakan, BPJS Kesehatan, PERURI, KAI, dll.

Fitri Karlina, penyanyi sekaligus konten kreator Youtube turut menceritakan pengalamannya saat menggunakan jasa Nagadigit. “Konten yang saya buat dioptimize dan monetize oleh tim yang sangat profesional. Alhamdulillah channel Youtube Fitri Karlina sudah banyak mengalami kemajuan. Dengan saya bergabung dengan Nagadigit juga menambah keran rejeki saya. Saya bahkan tampil di Times Square New York karena banyaknya viewers dan subscriber di Youtube channel dinilai layak untuk tampil”, ujarnya menceritakan pengalamannya bekerjasama dengan Nagadigit.

Tak hanya dari sisi penyanyi, Mitha The Virgin yang merupakan seorang composer dan singer juga merasa diuntungkan dengan adanya Nagadigit. “Aku sebagai pencipta lagu nggak bisa ngontrol siapa aja yang nyanyiin lagu aku. Mereka bisajadi bingung harus ijin kemana. Maka dari itu, aku terbantu banget dengan adanya Nagadigit yang bantu untuk bisa mengatur ijin para reuploader penggunaan laguku tapi juga saling menguntungkan”, katanya.

Dukung Musisi Baru Nagaswara Hadirkan Nagadigit Multi Chanel NetworkUntuk bergabung konten kreator cukup mengirimkan email pendaftaran ke email join@nagadigit.com dan join @nagadigit@gmail.com dengan mengirimkan info Channel berupa link Youtube dan akses ke channel untuk proses verifikasi. Jika memenuhi syarat akan mendapat email balasan dan melanjutkan langkah selanjutnya. (lela; foto yy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *