Art & Culture

Kenduri Dan Kirab Agung Nusantara 2022 Jaga Persatuan Indonesia

ARSNewsy-, Bertempat di Museum Satria Mandala, Jakarta, (14/8) dihelat sebuah Kenduri dan Kirab Agung Nusantara 2022 yang diinisiasi Yayasan Raja Sultan Nusantara (YARASUTRA) Bersama Barisan Adat Raja Sultan Nusantara (BARANUSA). Dan didukung pula oleh Majelis Cendikiawan Kraton Nusantara (MCKN), Forum Keluarga Paranormal Dan Penyembuh Alternatif Indonesia (FKPPAI), Kedaton Nusantara Jakarta, Srikandi Nusantara, Penerus Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPPKRI), dan UMKM Lubang Buaya.

Kanjeng Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II Barik Barliyan Surowiyoto, SH. / Raja Jipang / Chief Dinasty Of JipangHadir dalam perhelatan tersebut, YM. Pangeran PNA Mas’ud Thoyib, YM .Sultan Palembang Sri Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, YM bunda Elly Yuniati, YM.Prof. Dr. M. Asdar. YM Karaeng Turikale ke VIII Kerajaan Maros, Sulawesi Selatan Brigjen Pol (P) Dr. Andi Aflus Mapparessa, MM, M.Si.  YM Para Raja Sultan Nusantara, Kanjeng Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II Barik Barliyan Surowiyoto, SH.di dampingi KRAY Dinda Fitri Perwakilan Keraton Djipang di Jakarta, Anggota DPD RI Sylviana Murni, Ully Sigar, Roy Kyoshi, juga para Penglingsir, Pangeran, Ratu, Lembaga Adat, serta Ormas Budaya lainnya.

Seperti diketahui, KENDURI DAN KIRAB AGUNG NUSANTARA 2022 dalam Rangka Doa Bersama dengan Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia Untuk Kejayaan NKRI serta Memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 77 Tahun.

Sementara itu Kanjeng Gusti Pangeran Raja Adipati Arya Jipang II Barik Barliyan Surowiyoto, SH. / Raja Jipang / Chief Dinasty Of Jipang melalui KRAY Dinda Fitri selaku Perwakilan Keraton Djipang di Jakarta, menegaskan bahwa puji syukur betapa besar kebahagiaan yang meliputi kami, bahwa pada saat ini telah memperoleh kehormatan kebahagian bisa hadir dan berkumpul disini dalam keadaan sehat walafiat yang tiada ternilai harganya.

Sekaligus menyampaikan pesan beliau YM Raja Jipang KGPRA ARYA JIPANG II Barik Barlyan Surowoyoto, SH, yang saat ini tidak bisa hadir dimana beliau masih di luar kota masih dalam persiapan kegiatan para Raja raja Nusantara.

BACA JUGA :  MILENIAL ISLAMI DARI INDIKA FOUNDATION PEMENANG PERTAMA PENGHARGAAN BMW GROUP-UNAOC INTERCULTURAL INNOVATION AWARD

Perhelatan ini sesungguhnya menunjukkan keanekaragaman tentang kita semua yang telah membentuk karakter kita untuk berjalan melalui dunia secara bersama sama. Nusantara kita begitu luas begitu indah kaya raya gemah ripah loh jinawi. Mewujudkan semangat bersatu melestarikan dan mengembangkan budaya sebagai jati diri bangsa.

Oleh karena itu, tiada lain harapan kami semoga Allah Swt senantiasa memberikan rahmatnya bagi kita semua generasi berjiwa ksatria patriotisme dalam mewarisi budaya luhur para leluhur agung. Semangat membangun mengembangkan budaya kita jati diri bangsa kita. Semoga acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses.

Rahayu rahayu rahayu sagung titah dumadi..Ayem tentrem slamet seger bagas kewarasan, begitulah pesan beliau.

Kenduri Dan Kirab Agung Nusantara 2022Dan ditambahkan KRAY Dinda Fitrin, selaku Perwakilan Keraton Djipang di Jakarta, bahwa perhelatan tersebut pintu gerbang setelah masa pandemi berlangsung. Semoga acara kirab kenduri dan silaturohim ini bisa diadakan secara rutin bagi komunitas keraton para raja nusantara dan sekitarnya.

Kedepannya semoga Srikandi Paraloka akan lebih semangat mengembangkan potensi dan semakin mempererat persaudaraan jang mampu memperjuangkan hak hak rakyat. Dan Keraton Djipang akan selalu mensupport kegiatan kegiatan yang bersifat positif yang menumbuhkan semangat mengembangkan budaya warisan leluhur.

Perlu diketahui, KGPRA Arya Jipang II Barik Barliyan Surowiyoto, SH dari Keraton Djipang, Cepu, Blora, Jawa Tengah sangat mengapresiasi adanya kegiatan Kenduri dan Kirab Agung Nusantara yang di laksanakan ini.

Kenduri Dan Kirab Agung Nusantara 2022Inilah silaturahmi dari berbagai latar belakang anak bangsa berskala Nasional yang dirajut dan diwujudkan dalam bingkai  budaya. Sangat patut untuk diteruskan, karena memiliki dampak yang sangat positif dalam rangka menjaga, mengukuhkan keutuhan dari Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang sangat majemuk ini.

Sudah sewajarnya Para Raja Sultan Nusantara sebagai Generasi Penerus para leluhur nya yang sangat berjasa dalam memerdekakan Indonesia merasa terpanggil untuk ikut serta menjaga keutuhan NKRI. Kegiatan semacam dapat menguatkan kembali kesatuan rasa dari cita – cita Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :  Gelar Tari Remaja 2019 – Jawa Barat TARI GOYANG KARAWANG

Budaya merupakan alat perekat yang paling efektif dalam mewujudkan Satu rasa, Satu Nusa, satu Bangsa Indonesia. (redarsnewsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *